– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku, Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku, Halaman 86, 90, 91, 92
Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 tema 6 ini merupakan jawaban dari soal-soal yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu. Dengan adanya Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 ini dapat membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing, dan dapat di akses pada daftar isi di bawah ini. Artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi sebelumnya. buku yang digunakan bersumber dari Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Cita-citaku Kurikulum 2013 SD/MI semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.
Tema 6 Kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 3
Perhatikan dengan seksama gambar di atas! Tahukah kamu, siapakah tokoh yang terdapat dalam gambar tersebut? Ya! Tokoh tersebut adalah patih Kerajaan Majapahit bernama Gajah Mada. Patih Gajah Mada merupakan seorang tokoh besar yang mempunyai cita-cita sangat besar, yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara!
Diskusikan bersama teman-temanmu beberapa pertanyaan berikut!
Untuk mewujudkan cita citanya patih gajah mada adalah Patih Gajah Mada benar benar melakukan sumpah palapa yang di ucapkan ketika di angkat menjadi Maha pati majapahit dan berkerja keras untuk menakukan daerah nusantara.
Setelah melakukan diskusi dengan temanmu, bacalah bacaan tentang Gajah Mada berikut!
Cita-Cita Besar Patih Gajah Mada
Gajah Mada diperkirakan lahir pada awal abad ke-14, di lembah Sungai Brantas di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Ia berasal dari kalangan rakyat biasa, bukan dari kalangan keluarga kaya ataupun bangsawan.Sejak kecil, dia memiliki bakat kepemimpinan yang sangat kuat melebihi orang-orang sebaya di masanya. Konon, dia terus menempa dirinya agar dapat masuk ke lingkungan pasukan kerajaan.
Gajah Mada yang memiliki arti “Gajah yang cerdas, tangkas, dan energik.” Memulai pekerjaannya sebagai anggota prajurit Bhayangkara.Karena kemampuannya,ia pun diangkat menjadi Kepala Prajurit Bhayangkara dengan tugas memimpin pasukan pengaman dan pengawal Raja.
Pengabdian Gajah Mada pada kerajaan dimulai pada masa pemerintahan Raja Jayanegara (1309 – 1328). Berkat kerja keras dan kepemimpinannya yang hebat, Gajah Mada menjadi seorang Patih Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Tribhuawanatunggadewi Jayawisnuwardhani.
Pada saat hendak dilantik menjadi patih, Gajah Mada membuat janji yang sangat terkenal hingga kini. Sebuah ikrar atau janji yang dikenal dengan nama Sumpah Palapa.
Ia berjanji tidak ingin menikmati buah palapa kecuali dapat mempersatukan daerah-daerah seperti Seram,Tanjungpura,Haru,Pahang(Semenanjung),Dompo,Bali,Sunda,Palembang,Tumasik (Singapura).Janji atau ikrar yang ia upayakan untuk terwujud dengan menyatukan wilayah tersebut menjadi wilayah Nusantara.
Saat itu wilayah Nusantara lebih luas dari wilayah negara Indonesia saat ini.Saat itu wilayah Nusantara meliputi Seluruh Semenanjung Malayu(Malaysia dan Singapura), Sumatra, Jawa, Kalimantan,Sulawesi,Sunda kecil,Bali,Maluku,Papua,hingga wilayah Darwin(Australia).
Kunci Jawaban Halaman 86
Berdasarkan bacaan di depan, lengkapilah peta pikiran berikut ini!
Kamu telah tahu ciri-ciri puisi juga bagian-bagian puisi. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!
Maha Patih Gajah Mada
Karya: D. Karitas
Sejarah telah mengukir nama besarmu
Sejarah telah mengakui kepemimpinanmu
Sejarah telah mencatat keberanianmu
Maha Patih Gajah Mada
Tak akan hilang dari benak kami para pemuda bangsa
Kisah kepahlawananmu
Semangat pantang menyerahmu
Dan usaha keras untuk mewujudkan cita-citamu
Maha Patih Gajah Mada,
Kami akan terus membangun bangsa ini
Kami akan terus menjaga persatuan dan kesatuan negara ini
Dan kami akan terus menghormatimu, pahlawan kami
- Ceritakanlah pendapatmu tentang puisi tersebut. Baca kembali bacaan tentang Gajah Mada untuk membantumu memahami puisi tersebut.
- Salinlah puisi tersebut di buku tulismu dengan menggunakan pensil.
- Perhatikan baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan menggunakan kata-katamu sendiri.
- Kamu dapat menggunakan kata-kata yang ada dalam bacaan atau kata-katamu sendiri yang mempunyai makna hampir sama dengan kata yang kamu ganti.
- Lakukan juga untuk baris-baris berikutnya pada bait pertama.
- Bacalah kembali bait pertamamu, perbaiki jika kamu menemukan katakata yang lebih baik dengan rima dan makna yang sesuai.
- Lakukan hal yang sama terhadap bait-bait berikutnya.
- Setelah selesai, baca kembali keseluruhan puisimu.
- Bacakan puisimu di depan kelas.
Ayo Berkreasi
Amatilah kehidupan masyarakat yang ada di sekitarmu! Apakah mereka berasal dari daerah yang sama? Apakah nenek moyang mereka berasal dari daerah yang sama? Bagaimana dengan suku asal mereka? Bagaimana juga dengan bahasa daerah mereka?Lakukan kegiatan berikut ini bersama kelompokmu!
2. Carilah informasi dari dua orang teman di sekolahmu tentang suku asal atau daerah asal mereka.
3. Carilah gambar dan keterangan sebanyak-banyaknya mengenai suku asal temanmu tersebut. Keterangan mengenai hal-hal berikut.
a. Pulau asal dan daerahnya
b. Bahasa daerah
c. Pakaian adat
d. Rumah adat
e. Kebiasaan adat
4. Dengan menggunakan sebuah karton ukuran A3, tuliskan semua informasi yang kamu dapatkan dengan rapi dan menarik.
5. Lakukan wawancara dengan kedua temanmu tersebut untuk mengetahui hal-hal berikut.
a. Cara mereka bekerja sama.
b. Cara mereka menghadapi perbedaan.
c. Manfaat yang diperoleh dari bekerja sama dengan orang yang
berasal dari suku atau daerah yang berbeda.
6. Gunakan contoh bagan berikut untuk membantu menyusun keterangan yang telah kamu dapatkan.
7. Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas!
Kunci Jawaban Tematik Halaman 90
Daerah Asal: Jakarta
Bahasa Daerah: Betawi
Pakaian Adat: Pakaian Adat Abng dan None
Rumah Adat: Rumah Kebaya
Kebiasaan Adat:Mengerjakan seni bela diri silat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, nyambat, yakni kebiasaan turun menurun mengajak orang lain gotong royong dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Ayo Mengamati
Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai bentang alam, seperti sungai , danau, laut , tanah persawahan, dan tanah hutan. Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan.
Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, lalu lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 91, 92
Lihatlah contoh berikut!
Berdasarkan tabel di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
Terdapat di Sungai
Manfaat Untuk menyirami tumbuh tumbuhan
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 2 Halaman 86, 90, 91, 92 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam