Cara Cek Laporan BOS Online Dengan Mudah

Cara Cek Laporan BOS Online - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai cara cek laporan BOS Online dengan mudah. Bantuan operasional sekolah atau BOS merupakan program pemerintah melalui Dinas Pendidikan Nasional untuk menunjang program wajib belajar 9 tahun dan meringankan beban orang tua dalam membiayai pendidikan anaknya. Program ini sudah berlangsung sejak tahun 2009 dan berjalan sampai sekarang dengan menyalurkan BOS keseluruh instansi pendidikan dari SD sampai diatasnya.

Pada tahun 2012 mekanisme penyaluran BOS berubah menjadi melalui Provinsi. Penyaluran dana BOS juga membutuhkan laporan dan pertanggungjawaban yang rinci kemudian dilaporkan ke pusat, pada awal penyaluran BOS di tahun 2009 masih menggunakan laporan manual, akan tetapi sekarang ini Kemendikbud sudah menciptakan program online yang memudahkan membuat laporan dan cara cek laporan BOS online.
Cara Cek, Cara Cek Laporan Bos Online,


Sebagian orang kebingungan pada saat harus membuat laporan online lantaran mengalami beberapa kendala dikarenaan kurangnya menguasai dalam menginput laporan data BOS online. Mengenai kendala tersebut berikut akan kami sampaikan cara membuat laporan BOS dan cara cek laporan BOS online.

Berikut Cara Cek Laporan BOS Online :
  1. Bukalah halaman website resmi kemendikbud yaitu http://www.bos.kemdikbud.go.id dan akan menampilkan halaman khusus tentang program BOS.
  2. Langkah selanjutnya yaitu pilih atau Klik menu dengan tulisan “pengguna dana perkomponen” maka akan muncul tampilan halaman rekap penggunaan dana BOS nasional 2014.
  3. Lalu pilih kotak formulir yang ada mulai dari Provinsi, Kabupaten, jenjang, status, sekolah dan tahun. Pilih yang sesuai dengan instansi sekolah Anda.
  4. Setelah semua diisi lengkap kemudian dibawahnya ada pilihan download dan filter. Klik download untuk melihat laporan rekapitulasi penggunaan dana BOS oleh sekolahan Anda, sedangkan filter untuk melihat atau cek laporan sekolah yang Anda maksud sudah terdapat dalam halaman web tersebut. Apabila belum muncul berarti laporan yang sudah dikirim secara online sebelumnya tidak masuk atau terjadi kesalahan input dan sebaiknya ulangi lagi mengirim laporan tersebut.
Sebenarnya cukup mudah untuk mengirimkan laporan atau cara cek laporan BOS online melalui website Kemendikbud. Apabila belum mengerti atau masih menemui kendala juga, ulangi tips ini dari awal sambil membuka web resmi tersebut gunakan tips ini sebagai panduan.

Sekian informasi mengenai cara cek laporan BOS Online yang bisa disampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan baik dari tenaga pendidik dan kualitas anak didik dengan adanya program Pemerintah yaitu Bantuan Operasioanal Sekolah (BOS) dan bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.