Cara Cek CDI Pada Motor Dari Kerusakan

Cara Cek CDI Pada Motor - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai cara cek CDI pada motor. Seiring dengan berjalannya waktu, berbagai peralatan yang ada di motor tentunya akan rusak sebab semua komponen tersebut bersifat sementara. Kerusakan komponen itu bisa mengakibatkan beberapa kendala dari yang ringan sampai berat seperti motor tidak mau dihidupkan. Jika motor sampai mogok tidak mau dihidupkan, biasanya kerusakan terjadi pada sistem perpiannya yang meliputi busi, koil atau CDI. Maka, pengecekan bisa dilakukan dari busi terlebih dulu, koil dan terakhir CDI. Dan pada tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengecek CDI apakah masih baik atau sudah mati total.
Cara Cek CDI Pada Motor


CDI (Capasitive Discharge Ignition) adalah pengganti dari platina yang sering kita dengar di zaman dulu. CDI berfungsi sebagai pengontrol tegangan dan waktu pengapian ke koil pengapian. Kapasitor di dalam CDI akan menyimpan listrik sementara dan jika ada sinyal dari pulser/ sensor maka CDI akan mengalirkan listrik tersebut ke koil. Apabila CDI rusak, maka dipastikan listrik yang dialirkan dari busi tidak akan sampai ke koil dan itu akan membuat motor tidak bisa dihidupkan.

Cara Mengecek CDI Pada Motor Dari Kerusakan :
Terdapat beberapa cara untuk mengecek CDI di motor kita. Pengecekan bisa dilakukan dengan urutan apakah ada api di kabel koil, lalu ke sepul dan terakhir baru ke CDI. Apabila motor tiba-tiba mati di tengah perjalanan, hendaknya kita menepi dahulu dan carilah tempat yang aman. Setelah mendapatkan tempat yang dirasa aman dan nyaman untuk membongkar motor, bukalah cop busi lalu dekatkan kabel ke busi dan coba hidupkan motor. Dan apabila di cara ini tidak ada percikan api dari busi, maka bisa dipastikan kerusakan yang terjadi di sistem pengapiannya. 

Untuk memastikan sistem pengapian mana yang rusak, coba cek dulu kondisi aki, sepul dan sekring masih bekerja normal atau tidak. Jika semua bekerja secara normal, coba cek bagian koil. Coba lepaskan soket positif dari CDI dan tempelkan ke ground lalu starterlah. Apabila tidak keluar percikan api, bisa dipastikan CDI rusak dan waktunya untuk diganti. 

Selain itu, cara cek CDI rusak atau tidak juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat ukur avometer. Caranya, setel dahulu avomoter di sinus 200 Volt. Hubungkan kabel merah avometer ke kabel CDI yang menghubungkan ke koil. Sedangkan kabel hitam avometer hubungkan ke bodi motor. Setelah itu nyalakan motor dengan starter dan lihatlah avometer apakah ada arus tegangan yang keluar dari CDI atau tidak. Apabila tidak ada arus listrik dari CDI, maka dipastikan CDI sudah dalam keadaan rusak dan gantilah dengan CDI yang baru.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara cek CDI pada motor. Semoga inforrmasi diatas bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.