Cara Cek Backlink Pada Blog Dengan Menggunakan Google Webmaster Secara Sederhana

Cara Cek Backlink - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai cara cek backlink. Di dalam dunia perbloggeran, pastinya kita tidak asing dengan istilah Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa teknik SEO sangatlah penting keberadaannya sebab berpengaruh besar terhadap pengunjung blog kita. Dengan teknik SEO yang benar, maka blog kita akan terus terangkat di mesin pencarian dengan berbagai kata kunci pilihan kita. Ada beberapa teknis SEO yang sudah banyak diterapkan, ada dari segi template blog yang sudah SEO friendly, tulisan dalam blog yang sudah memenuhi kaidah SEO, SEO on page, SEO off page, permalink, serta backlink. 
Cara Cek Backlink


Berbagai trik SEO diatas memang ada yang berhasil mendongkrak blog kita serta menarik pengunjung blog, namun ada juga yang tidak berhasil. Masalahnya Google selalu mengupdate algoritmanya dan kadang cara-cara SEO itu sudah tidak mempan lagi. Salah satu cara yang dulu pernah diisukan tidak berguna lagi dalam membantu popularitas blog ialah backlink, namun semua itu tidak terbukti karena backlink sampai sekarang masih diperlukan untuk membantu teknik SEO dalam mempopulerkan blog kita. Backlink adalah cara lama dalam dunia SEO dan masih bertahan sampai sekarang.

Backlink adalah teknik SEO yang cara kerjanya menyebarkan link blog kita ke blog lain namun yang memiliki niche/ tema yang sama. Backlink bisa didapatkan dengan cara saling bertukar link blog dan berkomentar di blog sejenis. Metode backlink memang sudah teruji keampuhannya dalam membantu mengangkat blog di mesin pencari, namun dengan syarat backlink yang dibangun sudahlah benar dan tidak asal-asalan. Sebagai salah satu cara yang ampuh dalam SEO, pastinya kita juga sangat ingin mengetahui berapa jumlah backlink yang kita dapatkan dari sebuah blog. Ada beberapa tools online yang bisa digunakan sebagai cara cek backlink pada blog yang kita inginkan. Dengan berbagai pilihan tools tersebut akan mempermudah kita dalam menghitung jumlah tautan yang menuju ke blog kita.

Cara Cek Backlink Pada Blog Kita :
Sepertiyang sudah diterangkan diatas, ada beberapa tools online yang bisa kita gunakan untuk mengecek backlink sebuah blog. Salah satu caranya rupanya dengan Google Webmaster. Tentunya sudah banyak blogger yang tidak asing dengan fitur layanan Google tersebut yang digunakan sebagai tools untuk memonitoring jumlah pengunjung blog kita. 

Lalu Bagaimana Cara Cek Jumlah Backlink Menggunakan Google Webmaster? 
Cara cukup mudah, yang pertama kita login ke akun Google Webmaster melalui link berikut www.google.com/webmasters. Setelah berhasil login, pilihlah salah satu blog yang ingin diketahui jumlah backlink-nya. Setelah terbuka jendela baru, arahkan kursor ke Search Traffic yang ada di sebelah kiri layar dan kemudian pilihlah menu Links to Your Site yang ada di bawahnya. Maka akan tertera data total backlink serta blog mana saja yang menyumbangkan link terbanyak.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara cek backlink pada blob dengan menggunakan webmaster secara sederhana. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.