Cara Cek NISN Siswa SD, SMP dan SMA

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP dan SMA - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai NISN yang merupakan singkatan dari nomor induk siswa nasional. Nomor induk ini digunakan untuk mengidentifikasi bahwa para siswa sudah terdaftar secara nasional dalam kementerian pendidikan. Yang bertugas mendaftarkan siswa adalah kepala sekolahnya masing-masing.
Cara Cek, Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, Dan SMA,


Kebanyakan dari siswa tidak mengetahui NISN mereka sendiri padahal hal ini sangat penting untuk di ketahui para siswa. Pada lembar jawab komputer atau LJK ujian nasional ada kolom isian NISN. Sering kali siswa bingung harus mengisinya dengan nomor apa. Yang di ketahui siswa hanya nomor ujian dan juga nomor induk siswa di sekolah itu padahal yang dimaksud NISN merupakan nomor induk siswa nasional. Untuk mengetahui NISN bisa dilakukan dengan beragam cara. Anda para orangtua bisa melakukan pengecekan terhadap NISN anak anda. Cara cek NISN bisa dilakukan secara online ataupun dengan langsung bertanya pada pihak sekolah.

Cara cek NISN anak atau saudara anda, bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Anda tidak perlu repot pergi ke Jakarta tepatnya ke kementerian pendidikan agar tahu NISN anak anda. NISN ini bisa anda cek secara online maupun menanyakannya langsung pada pihak sekolah yang berkaitan. Berikut akan diberikan beberapa cara bagaimana untuk melakukan pengecekan terhadap NISN anak anda.

1. Menanyakan langsung kepada pihak sekolah
Cara cek NISN yang pertama yaitu dengan menanyakannya langsung kepada pihak sekolah. pihak sekolah yang sudah mendaftarkan NISN siswanya pasti memiliki data tentang NISN siswanya. Anda bisa langsung menjumpai pihak sekolah untuk mendapatkan keterangan mengenai NISN anak anda. Anda bisa menanyakannya pda bagian kesiswaan maupun menanyakanya kepada pihak tata usaha. Anda dapat juga melakukan cek NISN anak anda langsung kepada kepala sekolah anak anda.

2. Mengecek secara online
Cara cek NISN yang kedua yakni dengan mengeceknya secara online. Anda bisa mengunjungi situs kemdiknas dengan cara mengklik http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data kemudian apabila anda hanya ingin mengecek NISN anak anda benar atau salah anda bisa langsung mengklik pencarian berdasarkan NISN. Jika anda belum mengetahui NISN anak anda bisa anda pilih pencarian berdasarkan nama. Ketikan nama lengkap anak anda dengan tepat dan benar lalu ketikan juga tempat lahir dan tanggal lahirnya kemudian klik tombol cari. Jika sudah memiliki NISN maka akan muncul data dan juga NISN anak anda.

Kedua cara di atas bisa anda lakukan untuk mengecek NISN anak anda. Cara cek NISN ini bisa anda lakukan kapan saja tidak harus menunggu anak anda akan melakukan ujian nasional. Apabila anak anda belum terdaftar atau belum memiliki NISN adalah kewajiban dari pihak sekolah untuk mendaftarkannya. Cara mendaftarkan NISN pada pihak kementerian dilakukan secara online yakni dengan cara mengeklik kemudian tinggal mendownload formulir isian NISN dan mengirimkannya kembali sesuai dengan prosedur yang sudah ada di situs kemdiknas.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai cara cek NISN Siswa SD, SMP dan SMA. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.