Cara Cek IP Address Dengan Mudah

Cara Cek IP Address - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai cara cek IP Address. Internet saat ini adalah salah satu kebutuhan bagi semua orang. Dengan adanya internet banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan cepat lantaran internet bisa menghubungkan kita dengan komputer nan jauh di sana. Untuk bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya, komputer memerlukan alamat komputer yang dituju agar komputer dapat mengirim data yang diperlukan. Alamat itu juga dijadikan sebagai nomor identitas bagi komputer yang menerima data tersebut. Alamat itu dinamakan IP address.


Internet Protocol addreess yang disingkat menjadi IP address adalah identitas yang ditulis dengan beberapa kombinasi angka dan disematkan ke komputer atau benda lain yang di dalamnya menggunakan internet protocol sebagai jembatan berkomunikasi. Dalam penulisannya IP address menggunakan bilangan biner. Akan tetapi untuk lebih memudahkan membacanya, IP address ditulis dengan memisahkan angka dengan titik dan setiap titik terdapat 4 angka desimal.IP address juga dibagi menjadi lima kelas meliputi kelas A, B, C, D dan E yang mana setiap kelas perbedaannya hanyalah pada jumlah dan ukurannya.

IP address digunakan untuk menjadi alamat lokasi jaringan yang bisa digunakan untuk mengetahui di mana komputer itu berada. Maka tidak heran apabila para peretas dunia maya yang merugikan orang lain seperti mengambil uang, mencuri data-data website dan merusak website bisa tertangkap padahal lokasinya yang sangat jauh bahkan di luar negeri sekalipun. IP address yang akan menunjukkan dari mana serangan pada sebuah website dilakukan. IP address juga digunakan untuk membuka website yang diblokir oleh provider.


Cara Mengecek IP Address
Mengetahui IP address seperti dijelaskan di atas dapat menunjukkan dimana sebuah komputer itu berada. Ada dua cara cek IP address yang bisa Anda lakukan. Yang pertama yaitu dengan melalui tools command prompt, yang ada di komputer Windows Anda. Bukalah command prompt, dengan mengeklik tombol start menu, lalu pilih Run dan ketikkan "cmd" dan tekan enter. Untuk Windows 8 Anda bisa membuka command prompt dengan memencet tombol Windows + R dan tekan enter. Jika sudah keluar menu command prompt, ketikkan perintah "ipconfig" untuk mengetahui IP Address komputer Anda.

Apabila ingin mengetahui IP address sebuah website silahkan ketikkan perintah "ping" diikuti dengan website yang dituju seperti facebook.com, jadi kata perintahnya dituliskan dengan ping www.facebook.com kemudian tekan enter. Setelah itu maka akan muncul keterangan IP address dari google yang tertulis dengan angka yang dipisah dengan titik-titik. Anda juga bisa menggunakan beberapa situs penyedia layanan untuk mengetahui sebuah IP address dari sebuah website. Salah satu contohnya whatismyipaddress.com. Setelah mengunjungi website tersebut, Anda tinggal memasukkan nama domain yang diinginkan, setelah diklik maka akan muncul IP address-nya. Cukup mudah bukan cara cek IP address baik melalui commant prompt maupun dengan bantuan website.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara cek IP Address. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.