Cara Cek DPT Pemilu 2016 Dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek DPT Pemilu 2016 - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai cara cek DPT Pemilu 2016 dengan mudah dan cepat. Menjelang pemilihan umum pada tahun 2016, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan beberapa terobosan untuk menghindari berbagai kekacauan pada data DPT final, dimana data ini yang akan digunakan pada pencoblosan pemilu 2016. Cara cek DPT pemilu 2016 di rilis oleh KPU untuk menghindari terjadinya data yang terdaftar secara ganda. KPU berharap juga dengan dirilisnya pengecekan Data Pemilihan Sementara (DPS) ini, masyarakat dapat mengetahui lebih awal bahwa namanya telah terdaftar dalam DPT pemilu 2014. Diharapkan dengan masyarakat yang ikut berpartisipasi dapat membantu KPU untuk meminimalisasi kesalahan pada saat pelenggaraan Pemilu 2016.
Cara Cek, Cara Cek DPT Pemilu,

Untuk melakukan pengecekan DPS ini dapat anda lakukan dengan cara online, dimana para pemilih bisa mengetahui dengan membuka situs resmi dari KPU yaitu dengan membuka situs http://data.kpu.go.id/dpt.php dan juga anda dapat membukanya melalui http://data.kpu.go.id/dataganda.php. Adapun cara cek dpt pemilu 2016 anda lihat pada kolom yang ada anda dapat memasukkan beberapa pilihan wilayah yang tersedia. Ada 2 cara yang dapat anda tempuh untuk mengetahui nama anda masuk dalam DPS atau tidak, diantaranya adalah sebagai berikut.

Berikut Cara Cek DPT Pemilu 2016 :
Cara Cek, Cara Cek DPT Pemilu,

1. Mengecek Nama Per Tempat Pemungutan Suara (TPS)
Cara yang pertama yaitu dengan cara mengecek nama per tempat pemungutan suara (TPS). Adapun cara cek DPT pemilu dengan pengecekan per TPS ini, anda dapat melihat tabel pada daftar calon pemilih dengan cara mengisi kolom pilih pada kolom TPS, setelah anda memilih kolom TPS anda dapat memasukkan dimanakah TPS anda berada. Apabila anda sudah menuliskan dimana TPS ada berada, maka dengan cara cek dpt pemilu 2016 ini anda tidak perlu menunggu waktu yang lama, anda akan melihat beberapa daftar nama DPS yang muncul di daftar tempat TPS anda, dan pada kesempatan ini anda dapat mencari apakah nama anda sudah terdaftar atau belum.

2. Mengecek Nama Perorangan
Cara yang kedua yaitu dengan cara mengecek nama perorangan. Cara cek dpt pemilu 2016 yang lainnya yang lebih spesifik adalah dengan cara pengecekan nama secara per-orangan. Cara cek DPT KPU ini sangat jelas karena hanya nama anda yang akan terdeteksi, sehingga anda tidak perlu untuk mencari nama anda dari beberapa nama yang terdaftar.

Cara yang bisa anda lakukan antara lain dengan cara, pilihlah provinsi mana anda tinggal, selanjutnya anda dapat memilih kabupaten anda, memilih kecamatan, memilih kelurahan, setelah itu masukkan nomor induk Kartu Tanda Penduduk (KTP) anda, kemudian anda mengisi nama lengkap sesuai dengan nama yang tertera di KTP, baru setelah itu anda klik tombol “cari”. Setelah itu yang akan muncul adalah informasi yang berupa identitas diri anda baik no induk KTP, nama, TTL, jenis kelamin, dan nama TPS anda.

Apabila terjadi beberapa kekeliruan data, sebaiknya anda cepat-cepat memperbaiki data tersebut dengan anda mendatangi kantor kelurahan. Semakin cepat anda beryindak maka akan semakin cvepat pula data anda diperbaiki, sehingga pada DPT final nama anda ataupun identitas anda sudah benar dan tepat.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara cek DPT pemilu 2016 dengan mudah dan cepat. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.