Ini Dia Cara Cek Dead Pixel Pada Layar Smartphone

Cara Cek Dead Pixel Pada Layar Smartphone - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai cara cek Dead Pixel pada layar smartphone. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara cek dead pixel pada android atau smartphone Anda? Sebelum kita membahasnya, kita ketahui terlebih dulu apa istilah Dead Pixel. Bagi orang awam, tentunya Anda masih bingung dan belum mengetahui istilah ini. Dead Pixel biasa juga di kenal dengan istilah Dot Pixel atau Dot, ini adalah sebuah permasalahan atau trouble sistem yang menyerang layar LCD pada smartphone atau android Anda. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kecacatan pada titik layar pada sebuah sistem. Masalah Dead Pixel ini sebetulnya sulit untuk diperbaiki secara teknis. Dead Pixel atau Dot biasanya terjadi bukan hanya pada layar smartphone saja, tetapi juga pada layar televisi, Notebook, MP4, DVD portable dan digital camera.
cara cek dead pixel moto g,cara cek dead pixel iphone,cara cek dead pixel monitor,cara cek nomor telkomsel,cara cek kuota simpati,cara cek kuota mentari,cara cek kuota simpati loop,


Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara cek Dead Pixel secara teknis, ada beberapa karakteristik yang perlu Anda pelajari dari Dead Pixel. Adapun karakteristik Dead Pixel yaitu sebagai berikut :
  • Sebuah Dead Pixel biasanya tidak berhubungan dengan sejenisnya atau Dead Pixel lainnya.
  • Dead Pixel juga tidak memiliki sifat menular atau menyebarkan sebuah defect pada pixel layar yang lain.
  • Karena ukuran dari pixel itu sendiri adalah tetap, jika terjadi masalah Dead Pixel ini kemungkinan kecil tidal akan membesar. Adapun jika kerusakan terjadi pada resolusinya yang semakin membesar, bukan disebabkan oleh Dead Pixel melainkan pada cairan kristalnya.
Setelah mengetahui bagaimana karakteristik dari Dead Pixel itu sendiri, kita ketahui terlebih dulu bagaimana terjadinya Dead Pixel agar lebih paham bagaimana cara mengecek dead pixel, sebagai berikut ini :
  • Dead Pixel terjadi jika pixel mati total, maka selalu timbul titik-titik berwarna hitam, biasanya disebut dengan istilah Dark Pixel.
  • Dead Pixel biasanya terjadi ketika pixel tidak bisa mati atau selalu menyala, sehingga akan muncul titik-titik berwarna putih.
  • Dead Pixel terjadi jika salah satu atau dua dari sub pixel selalu menyala maupun mati total. Biasanya muncul warna-warni seperti biru, hijau dan merah.
Cara Cek Dead Pixel Pada Smartphone
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa Dead Pixel bisa menyerang pada layar smartphone kesayangan Anda. Tak sedikit orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek adanya Dead Pixel ini. Nah, untuk mengetahui adanya Dead Pixel pada layar smartphone Anda ada beberapa cara cek Dead Pixel yakni sebagai berikut :

Teknik Kamera Tanpa Cahaya
Cara untuk mengetahui adanya Dead Pixel ini cukup mudah, yakni dengan memanfaatkan kamera. Anda bisa melakukannya dengan cara memotret dalam keadaan gelap total. Dengan menutup lensa kamera menggunakan jari tangan dan usahakan tanpa ada cahaya masuk sedikitpun, lalu lihat hasil gambarnya pada tempat yang gelap. Nah, jika Anda melihat keluarnya suatu titik cahaya maka kemungkinan besar itu merupakan Dead Pixel. Sedangkan jika tidak terlihat apa-apa alias hitam, maka ponsel Anda bebas dari adanya Dead Pixel.

Teknik Kode Rahasia
Cara cek Dead Pixel selanjutnya yaitu dengan menggunakan kode rahasia. Untuk mengecek gadget Sony caranya dengan menekan *#*#7378423#*#*, untuk HTC dengan menekan *#*#3424#*#, sedangkan untuk mengecek pada smartphone Samsung yaitu dengan menekan *#0*#.

Mendownload Aplikasi Dead Pixel
Anda juga bisa mendeteksi adanya Dead Pixel dengan cara mengunduh atau mendownload aplikasi dari Dead Pixel itu sendiri di Google Play Store. Dengan aplikasi ini, maka layar smartphone Anda akan di check secara otomatis ada atau tidaknya Dead Pixel pada layar smartphone Anda.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai cara cek Dead Pixel pada layar smartphone. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.